KASIH SAYANG KEPADA SESEORANG JUGA ANUGERAH.By yon.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap anak Adam dibekali Allah berbagai macam perasaan.Perasaan yang demikian itu merupakan sifat batiniah dan tertanam dalam hati.Salah satu dari berbagai macam perasaan itu adalah rasa kasih sayang.Terus apa definisi kasih sayang itu sendiri?Rasa kasih sayang adalahcenderung dan tertariknya hati seseorang secara mendalam kepada seseorang lainnya.Bahkan kepada benda dan makhluk2 lainnya.Kita juga bisa mencurahkan kasih sayang kepada Allah tetapi ini biasanya kurang berlaku.Disini kita mengkhususkan tentang kasih sayang sesama manusia.Sebab mencintai Allah merupakan yang paling utama dan Agung melebihi segalanya.Terus apa sebab-sebab berlakunya kasih sayang?Sebabnya adalah karena ada daya tarikan yang menyenangkan dan menenangkan hati kita.Daya tarik itu bermacam-macam tergantung pelaku yang menjalani kasih sayang itu sendiri.Serta sifatnya pun berbeda beda ada yang bersifat semula jadi ada juga yang bersifat"aradhi"yang akan datang.Dari beberapa artikel yang saya baca dan dari pengalaman saya sendiri.Ada perkara perkara yang menarik hati manusia kepada manusia diantaranya kecantikan,ilmu,sikap dan perilaku sehari-harinya,akhlak agamanya,perhatian kepada kita,selalu ada disaat kita susah maupun bahagia,dll.Karena faktor2 itulah seseorang tertarik pada seseorang lainya.Maka secara naluri tumbuhlah rasa kasih sayang sedikit demi sedikit hingga mendalam.Dan setelah rasa itu terasa mendalam ia bisa disebut cinta(istilah sekarang ini)Sebagaimana sebab-sebab tumbuhnya kasih sayang itu maka sifat dan kesan kasih itu berbeda-beda.Bergantung kepada siapa dan mengapa kasih itu tumbuh.Maha suci Allah yang telah menganugerahkan kita rasa kasih dan sayang dalam seketul hati yang sempit dengan berbagai sifat dan rupanya.Akibat berbeda sifat dan rupanya, maka berbeda pula kesan dan akibat kasih itu. Ada kasih sayang yang kekal dan bertambah di dalam hati. Ia tidak diganggu atau dicacatkan oleh rasa jemu dan hambar kecuali dengan sebab-sebab yang tidak dapat dielakkan. Namun ada kasih sayang yang dirusakkan oleh rasa jemu dan benci. Maka ia tidak kekal bahkan berkurang dan mungkin hilang.. Kasih pada pemimpin membuatkan seseorang pengikut menyerahkan ketaatan dan kesetiaannya.Kasih pada pengikut membuat seorang pemimpin berkorban memberi khidmat dan kasih sayang tanpa kepentingan dan rasa letih serta jemu. Kasih kepada isteri membuatkan suami bersifat bertanggungjawab. Manakala kasih pada suami menjadikan isteri sedia taat, patuh dan melayani suami sesungguh hati. Kasih pada guru membuatkan murid gigih belajar dan mengamalkan ajarannya. Manakala kasih pada murid menjadikan guru-guru hilang letih untuk mendidik dan mengajar hingga muridnya berjaya. Kasih pada ibu bapa membuatkan anak-anak sangat menjaga hati orang tuanya. Manakala kasih kepada anak-anak menjadikan ibu bapa rela berbuat apa saja untuk anak-anaknya.
Demikianlah kesan adanya kasih sayang. Ia membuatkan manusia seperti terikat satu sama lain. Lalu akan saling memberi dan menerima secara suka dan rela. Orang yang saling menyayangi akan merasa bersalah kalau tidak dapat memberi kasih sayang walaupun sedikit saja. Berkorban dan bersusah-susah untuk yang disayangi adalah kebahagiaan, kepuasan dan hiburan.
Sedangkan tanpa kasih sayang, pengorbanan dibuat secara terpaksa, menjadikan ia amat berat dan menyeksakan manusia. Seorang murid yang buat kerja guru dengan rasa cinta pada guru, akan membuatnya dengan sepenuh hati, ghairah dan bahagia. Dia tidak jemu dan tidak letih. Dia akan berbuat lebih dari yang diperintahkan. Sebaliknya murid yang buat kerja guru dalam keadaan terpaksa, sedangkan dia benci pada guru itu, akan rasa berat dan jemu. Al hasil, kerjanya jadi tidak sempurna.
Demikian juga apabila kita telah menemukan seseorang yang cocok untuk kita kemudian kita mencurahkan kasih sayang kepadanya sedangkan kita berusaha mencari bekal untuk melanjutkan kejenjang yang lebih serius(pernikahan)maka dalam pencarian bekal itu kita merasa lebih semangat agar kelak setelah bekal sudah kita dapat maka jenjang pernikahanpun terlaksana dengan tanpa beban. Begitu jugalah isteri terhadap suami, anak-anak terhadap ibu bapa dan manusia terhadap manusia lainnya.
Sejarah telah membuktikan kepada kita bahawa cinta dan kasih para Sahabat yang sungguh mendalam terhadap Rasulullah SAW dan sebaliknya, telah membuatkan mereka berjuang dan berkorban habis-habisan. Hingga nyawa pun sanggup dikorbankan demi cinta. Al hasil dalam tempo yang sekejap saja, Islam telah membentuk negara dan berkembang hingga tiga perempat dunia.
Demikian bukti bahwa dengan cinta, manusia rela mengorbankan lebih waktu dan tenaga hingga memperoleh hasil yang luar biasa. Sedangkan tanpa cinta,suatu pekerjaan itu dibuat dengan sambil lewat dan hasilnya mengecewakan! Sebab itu kita harus pandai mengisi ruangan rasa kasih sayang dan cinta ini. Ia sangat besar manfaatnya kepada kehidupan manusia. Kita patut usahakan agar tumbuh kasih sayang sesama manusia supaya buahnya yang lebat lagi manis itu dapat kita kecapi bersama.Itulah kasih sayang yang dianugerahkan Allah kepada kita dan kita wajib bersyukur serta menjaganya.

1 komentar:

latahzan said...

kasih sayang juga merupakan kesediaan kita untuk memberi tanpa harus mengharapkan balasan dari objek yang kita sayangi. Hasilnya kita bisa lihat pada sejarah hidupnya Rasulullah saw, tanpa harapan untuk mendapat balasan dari kasih sayang yang telah beliau tebarkan kesegenap manusia (kafir maupun muslim). Pada akhirnya beliau dapat melihat manusia yang hidup dengan akhlak yang begitu tinggi pada masanya.

Post a Comment

Silahkan meninggalkan jejak.